Perencanaan

Pada menu Perencanaan ini dapat mengatur hal-hal seperti Standar Biaya, Kertas Kerja, dan Mapping Standar Biaya.

Standar Biaya

Menu ini berfungsi untuk manajemen data Standar Biaya. Jika sudah menambahkan Standar Biaya akan ada Daftar Standar Biaya, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Daftar Standar Biaya

Menambahkan Standar Biaya

Untuk menambahkan Standar Biaya, klik tombol Tambah Standar Biaya pada menu Standar Biaya.

Standar Biaya

Isi Form Standar Biaya secara lengkap, mulai dari Induk, Nama Standar Biaya, Harga Satuan Minimal, Harga Satuan Maksimal, Satuan, dan Akun. Cek Standar Biaya Masukan (SBM) dan Bagan Akun Standar (BAS) untuk pengisian Kode Akun.

Form Standar Biaya

Jika sudah lengkap, klik tombol Simpan untuk menyimpan. Atau klik tombol Batal untuk membatalkan.

Simpan Standar Biaya

Setelah klik tombol Simpan, Standar Biaya akan tersimpan pada Daftar Standar Biaya seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Daftar Standar Biaya Tersimpan

Menambahkan Level di Bawahnya

Untuk menambahkan level di bawahnya, klik tombol Child dan ulangi proses pengisian Standar Biaya seperti langkah Menambahkan Standar Biaya sebelumnya.

Menambahkan Anak Standar Biaya

Posisi Level Standar Biaya

Gambar berikut menunjukkan Posisi Level Standar Biaya saat ini.

Posisi Level Standar Biaya

Mengubah atau Menghapus Standar Biaya

Untuk melakukan perubahan pada Standar Biaya, klik pada Ikon Pensil. Sedangkan untuk menghapus Standar Biaya, klik pada Ikon Trash seperti gambar berikut.

Mengubah atau Menghapus Standar Biaya

Mengekspor / Mencetak / Mengunduh Master Standar Biaya

Untuk melakukan ekspor / cetak / unduh master Standar Biaya klik Tombol Printer seperti gambar berikut.

Cetak Master Standar Biaya

Kertas Kerja

RKA-KL merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan suatu K/L dan sebagai penjabaran dari Renja K/L yang bersangkutan dalam satu tahun anggaran serta anggaran yang diperlukan untuk melaksanakannya.

Menu ini berfungsi untuk manajemen data Kertas Kerja. Jika sudah menambahkan Kertas Kerja akan ada Daftar Level RKAKL, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Daftar Level RKAKL

Menambahkan Level RKAKL

Untuk menambahkan RKAKL, klik tombol Tambah Level RKAKL pada menu Kertas Kerja.

Menambahkan Level RKAKL

Isi Form Level RKAKL secara lengkap, mulai dari Satker, Uraian, Level, dan Level Terakhir.

Form Level RKAKL

Jika sudah lengkap, klik tombol Simpan untuk menyimpan. Atau klik tombol Batal untuk membatalkan.

Menyimpan Level RKAKL

Setelah klik tombol Simpan, Level RKAKL akan tersimpan pada Daftar Level RKAKL seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Daftar Level RKAKL

Mengubah atau Menghapus Level RKAKL

Untuk melakukan perubahan pada Level RKAKL, klik pada Ikon Pensil. Sedangkan untuk menghapus Level RKAKL, klik pada Ikon Trash seperti gambar berikut.

Menambah atau Menghapus Level RKAKL

Mapping Standar Biaya

Menu ini berfungsi untuk memetakan Kertas Kerja RKAKL detail Level 7 RKAKL dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya). Sebelum memetakan Kertas Kerja RKAKL dengan RAB, lengkapi dahulu Master Kertas Kerja pada bagian Data Utama. Proses ini harus dilakukan, karena setelah memilih kegiatan juga harus memilih RAB. Dengan kata lain untuk memasangkan kegiatan dengan RAB-nya.

Mapping Standar Biaya

Menambahkan Mapping Standar Biaya

Untuk menambahkan Mapping Standar Biaya, klik tombol Tambah pada menu Mapping Standar Biaya.

Menambahkan Mapping Standar Biaya

Isi Form Mapping Standar Biaya secara lengkap, mulai dari Kertas Kerja dan Standar Biaya.

Form Mapping Standar Biaya

Jika sudah lengkap, klik tombol Simpan untuk menyimpan. Atau klik tombol Batal untuk membatalkan.

Mengekspor / Mencetak / Mengunduh Mapping Standar Biaya

Untuk melakukan ekspor / cetak / unduh master Mapping Standar Biaya klik Tombol Printer seperti gambar berikut.

Cetak Mapping Standar Biaya