UNIMAL
  • Pendahuluan
  • SIM Perencanaan
    • Informasi Umum
    • Langkah Kerja
    • Application Setting
      • Role User
      • Privileges
      • Level Pengguna
      • User
    • Utility
    • Data Referensi
      • Umum
      • Universitas
      • Perencanaan
    • Data Utama
      • Perencanaan
    • Transaksi
      • Perencanaan
    • Monitoring
  • SIM Keuangan
    • Informasi Umum
    • Pengaturan Awal
    • Pembuatan SPP UP (Uang Persediaan)
    • Pembuatan SPP GUP (Ganti Uang Persediaan)
    • Pembuatan SPP LS Non-Kontraktual
    • Pembuatan ADK kontrak Pengadaan Barang dan Jasa
    • Tahap Pengujian Validasi ADK Kontrak (Keuangan Pusat)
    • Pembuatan SPP LS Kontraktual
    • Pembuatan SPP LS Pegawai
    • Tahap Pengujian/Verifikasi SPP (Keuangan Pusat)
  • SIM AKUNTANSI
    • Informasi Umum
    • Data Referensi
      • Akuntansi
      • Universitas
      • Umum
    • Arsip
    • Jurnal
  • Penutup
Powered by GitBook
On this page
  • Setting Satker
  • Setting Unit Kerja
  • Data Wajib Pajak
  • Setting Tahap SPP
  • Setting Tahap Kontrak
  • Setting Jenis SPP
  • Setting Jenis Dokumen
  1. SIM Keuangan

Pengaturan Awal

Setting Satker

Untuk pertama kali adalah melakukan setting Satker BLU terlebih dahulu. Setting Satker dilakukan setiap awal tahun atau ada perubahan kode satker atau nama satker. Menu Setting Satker ada di menu Admin. Langkah-langkah dalam melakukan setting satker sebagai berikut:

  1. Memilih menu Data referensi → Universitas → Satker

Setting Satker
  1. Kemudian klik tombol Tambah Satker

  1. Setelah itu silahkan isi secara lengkap data yang dibutuhkan

  1. jika tipe Satker BLU yang perlu di isi adalah:

    • Kode Satker

    • Dasar Pembayaran

    • Nama NPWP

    • Nomor NPWP

    • Alamat NPWP

    • Nomor DIPA

    • Tanggal DIPA

    • Nama dan NIP KPA/Rektor

    • Nama PPSPM dan NIP

    • Nama Bendahara Pengeluaran dan NIP

    • Nama Bendahara Penerimaan dan NIP

  2. Setelah isi semua data yang diperlukan, silahkan klik Simpan.

Setting Unit Kerja

Setting unit kerja dilakukan oleh unit kerja yang memiliki pengelola keuangan secara mandiri misal oleh Fakultas. Setting unit dilakukan oleh BPP/PPK/Staf Pengelola Keuangan dilingkungan unit kerja masing-masing dan dilakukan setiap awal tahun atau jika ada perubahan atau pergantian. Langkah-langkah dalam melakukan unit kerja diantaranya sebagai berikut:

  1. Memilih menu Tools → Setiing Unit

  1. Setelah itu, silahkan isi data unit mulai dari kode unit, format surat, Nama PPK dan NIP, Nama BPP dan NIP BPP. Jika sudah selesai klik Ganti dan proses setting unit kerja selesai.

Data Wajib Pajak

Data wajib pajak merupakan data utama dalam proses pencairan anggaran, terdiri dari

  • Pegawai

  • Bukan Pegawai dan

  • Rekanan Pihak ke-3 .

Data Wajib Pajak harus di isi jika ingin melakukan transaksi. Langkah dalam melakukan input wajib pajak sebagai berikut:

  1. Masukan ke Menu Data Utama → Keuangan → Wajib Pajak

  1. Setelah itu, isi semua data yang dibutuhkan untuk mengantisipasi terjadinya retur dalam pembayaran. Dalam menginput nama rekening harus melihat Fotocopy Rekening atau referensi Bank (Rekanan).

  2. Setelah melakukan isi data secara lengkap silahkan klik Simpan.

Setting Tahap SPP

Setting tahap SPP merupakan inti dari proses bisnis keuangan yang ada di BLU dan tahapan ini dilakukan oleh Admin Satker. Sesuai dengan aturan, bahwa BLU diberikan kewenangan untuk mengelola PNBP nya tanpa harus disetor ke kas Negara terlebih dahulu. Tahap SPP setiap Satker akan berbeda disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan serta SDM yang ada. Langkah dalam melakukan Tahap SPP diantaranya sebagai berikut:

  1. Menu setting Tahap SPP ada di Menu Data Utama → Keuangan → Tahap SPP

  1. Selanjutnya klik Tambah Tahap SPP dan bisa memulai untuk membuat tahapan SPP mulai dari tahapan yang dilakukan oleh unit kerja sampai dengan proses pencairan atau menjadi SP2D

  1. Petunjuk singkat pengisian pada tahap SPP diantaranya sebagai berikut:

    • Tahapan → Diisi dengan nama tahapan SPP

    • Urutan → Diisi dengan urutan proses SPP

    • Flag → Diisi dengan key untuk sistem

    • Verifikator → Diisi dengan aktor/pejabat yang terlibat

  2. Setelah melakukan pengisian data klik Simpan.

Setting Tahap Kontrak

Setting tahap kontrak merupakan tahap awal yang harus dilakukan oleh Admin Satker untuk Peta Proses Bisnis dalam pendaftaran Arsip Data Kontrak (ADK) PNBP. Tahap pendaftaran kontrak PNBP setiap Satker akan berbeda disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan serta SDM yang ada. Langkah dalam melakukan Tahap Kontrak diantaranya sebagai berikut:

  1. Menu setting Tahap SPP ada di Menu Data Utama → Keuangan → Tahap Kontrak

  1. Selanjutnya klik Tambah Tahap Kontrak dan bisa memulai untuk membuat tahapan Kontrak mulai dari tahapan yang dilakukan oleh unit kerja sampai dengan proses persetujuan oleh Bagian Keuangan Pusat.

  2. Petunjuk singkat pengisian pada tahap Kontrak diantaranya sebagai berikut:

    • Tahapan → Diisi dengan nama tahapan Kontrak

    • Urutan → Diisi dengan urutan proses pendaftaran kontrak

    • Flag → Diisi dengan key untuk sistem

    • Verifikator → Diisi dengan aktor/pejabat yang terlibat

  1. Setelah melakukan pengisian data klik Simpan.

Setting Jenis SPP

Setting jenis SPP dilakukan untuk membuat jenis SPP yang akan dibuat oleh Satker BLU sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan proses bisnis masing-masing. Menu ini fleksibel sesuai dengan kebutuhan unit yang akan menggunakan Jenis SPP apa saja. Tahapan dalam melakukan setting jenis SPP sebagai berikut:

  1. Menu Data Referensi → Keuangan → Jenis SPP

  1. Isi secara lengkap form yang ada

  2. Setelah melengkapi semua data klik Simpan.

Setting Jenis Dokumen

Menu setting jenis dokumen digunakan untuk menginput nama dokumen apa saja yang akan dimasukan sebagai syarat dalam proses pencairan. Jenis dokumen ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing unit. Menu ini dapat menambahkan dokumen yang dibutuhkan, tipe file dan besaran ukuran. Tahapan setting jenis dokumen diantaranya sebagai berikut:

  1. Data Referensi → Umum → Jenis Dokumen

  1. Setelah itu lengkapi isian data yang diminta

  1. Setelah di isi klik Simpan.

  2. Daftar dokumen yang berhasil dibuat akan tampil seperti di bawah ini :

Tambah Satker
Setting Satker
Setting Unit
Setting Unit
Menu Wajib Pajak
Form Wajib Pajak
Tambah Tahap SPPT
Form Tahap SPPT
Daftar Tahap SPPT
Tambah Tahap Kontrak
Form Tahap Kontrak
Daftar Tahap Kontrak
Form Jenis SPP
Daftar Jenis SPP
Jenis Dokumen
Form Jenis Dokumen
Daftar Jenis Dokumen